PT Piaggio Indonesia memperkenalkan teknologi mesin baru 3 Valves (katup) pada Vespa meninggalkan generasi 2 Valves sebelumnya. Hasilnya Vespa kini lebih irit bahan bakar dan makin ramah lingkungan.
Teknologi
3 Valves ini menggunakan mesin satu silinder 4-tak berpendingin udara
dengan 3 katup (2 katup masuk dan 1 katup buang) satu overhead cam dan
sistem injeksi bahan bakar elektronik.
Crankshaft baru Vespa yang
disesuaikan pada bentuk dan bobot, putaran camshaft dengan tumpuan pada
bearings, serta penggunaan roller rockers mengurangi tingkat gesekan
secara signifikan, menciptakan keuntungan dalam hal kinerja dan konsumsi
bahan bakar.
Pengurangan diameter (bore) dan penambahan langkah
(stroke), menciptakan keuntungan pada respon torsi dan akselerasi. Dalam
rangka mencari kinerja dan rasio konsumsi bahan bakar terbaik.
Teknologi 3 Valves adalah yang paling efektif karena meningkatkan
kinerja katup masuk, meningkatkan efisiensi mesin dibandingkan dengan
mesin 2 valves yang konvensional.
Timing system yang inovatif tersebut memungkinkan kita untuk meningkatkan pergerakan pencampuran bahan bakar di dalam silinder.
Sehingga
proses pembakaran menjadi lebih sempurna dengan posisi busi yang baru
yang secara bersamaan menjamin perbaikan sistem pendinginan dari
komponen-komponen di kepala silinder, yang sekaligus dapat mempermudah
perawatan.
Sistem pendinginan merupakan obyek analisis utama,
melalui simulasi thermo fluid dynamic, yang bertujuan untuk memperbaiki
kinerja dan dengan demikian akan memperoleh pengurangan signifikan pada
tingkat kebisingan mesin dan penyerapan tenaga.
Teknologi 3 Valves adalah yang paling efektif karena meningkatkan
kinerja katup masuk, meningkatkan efisiensi mesin dibandingkan dengan
mesin 2 valves yang konvensional.
Timing system yang inovatif tersebut memungkinkan kita untuk meningkatkan pergerakan pencampuran bahan bakar di dalam silinder.
Sehingga
proses pembakaran menjadi lebih sempurna dengan posisi busi yang baru
yang secara bersamaan menjamin perbaikan sistem pendinginan dari
komponen-komponen di kepala silinder, yang sekaligus dapat mempermudah
perawatan.
Sistem pendinginan merupakan obyek analisis utama,
melalui simulasi thermo fluid dynamic, yang bertujuan untuk memperbaiki
kinerja dan dengan demikian akan memperoleh pengurangan signifikan pada
tingkat kebisingan mesin dan penyerapan tenaga.
Hal ini menjadikan Vespa dapat meraih tingkat keekonomisan bahan
bakar terbaik di segmen matik. Secara spesifik, tingkat penggunaan bahan
bakar pada mesin 3V ini mencapai kurang lebih 45 km/liter pada kondisi
lalu lintas kota. Mesin 3V juga memungkinkan pengguna untuk
menggunakan bahan bakar dengan oktan yang berbeda tanpa mempengaruhi
kinerja dan kehandalan mesin.
Mesin baru ini memungkinkan pengguna
untuk mengurangi biaya operasional tidak hanya dalam hal konsumsi bahan
bakar. Tapi juga dalam biaya perawatan karena selang waktu servis saat
ini sudah diperpanjang menjadi 5.000 km.
Berbeda dengan generasi
sebelumnya yang hanya 3.000 km. Disamping itu periode penggantian oli
juga sekarang sudah diperpanjang menjadi 10.000km, dimana generasi
sebelumnya hanya 6.000km.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar